Persiapan Mental Bagi Anda Yang Akan Menikah

Tips Persiapan Mental Bagi Anda Yang Akan MenikahPersiapan Mental Bagi Anda Yang Akan Menikah – Ada banyak faktor yang harus dipahami oleh banyak pasangan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Karena salah satu faktor penyebab gagalnya menikah adalah ketidaksiapan mental. Sehingga banyak ada hal-hal yang wajib dipertimbangkan baik dari pihak calon mempelai wanita maupun pria dalam persiapan mental sebelum memantapkan hati untuk menuju jenjang pernikahan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai persiapan mental bagi Anda yang akan menikah.

pada dasarnya membentuk keluarga itu seperti memikirkan negara dimana ada proses ipoleksosbudhankam dalam persiapan pernikahan? Dimana ideologimerupakan apa prinsip dan tujuan untuk menikah? Sosial budaya, tentunya berkaitan dengan status sosial dalam masyarakat, pendidikan, pekerjaan, suku, agama, persetujuan dari keluarga kedua belah pihak, dan sebagainya. Sementara pertahanan dan kemanan, semantap apa Anda memutuskan untuk menikah dan sudah siapkah dengan segala konsekuensi dari pernikahan? Bisakah Anda tahan dengan semua kendala atau tantangan yang mungkin mendera di tengah-tengah proses persiapan pernikahan?

Sementara untuk yang sifatnya eksternal, termasuk keluarga, para mantan kekasih maupun gebetan yang mungkin ‘menyalip di tikungan’. Semua itu bisa diminimalisir kemungkinannya jika aspek internal tadi sudah terpenuhi. Selain itu ada beberapa persiapan mental bagi Anda yang akan menikah, seperti:

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan harapan-harapan anda pada sebuah rumahtangga. Jangan terlalu tinggi karena bila mengalami kegagalan dalam kehidupan rumahtangga anda tidak jatuh. Pastikan pikiran anda sejalan dan satu arah dengan pasangan. Bahaslah semua pemikiran berdua dengan komunikasi tanpa emosi tetapi secara seksama dan jelas agar tidak ada keraguan dalam melangkah.
  2. Sudah cukupkah usia anda ? Ini memang bukan menjadi suatu patokan tetapi tentu ada usia pantas di mana anda siap dikatakan matang, fisik maupun mental. Ingat, kematangan mental sangat penting bagi anda dan pasangan. Sebab pernikahan adalah membangun suatu “perusahaan” tanpa jenjang karier. Karena itu, yang membuat berhasil bukan faktor prestasi tapi saling bahu-membahu dan harus meninggalkan egoisme.
  3. Sebagai bahan pertimbangan lainnya adalah seberapa jauh anda mengenal betul pasangan, keluarganya? Berapa lama Anda berpacaran dan apa saja yang terjadi dalam hubungan itu? Berapa pula konflik dan perbedaan yang ada di antara anda berdua yang bisa diselesaikan dengan baik? Berapa banyak perbedaan lingkungan anda dengannya, entah itu keluarga, sekolah, atau pekerjaan? Dari jawaban atas pertanyaan tersebut sedikit banyak berbicara bahwa selama ini anda berdua sudah saling mencocokkan diri atau tidak.
  4. Hal lainnya yang harus anda pertimbangan adalah bagaimana pandangan anda tentang lembaga perkawinan? Sehingga anda bisa berpikir tentang segi positif dan negatifnya. Lebih jauh kehidupan masa kecil anda dan kesehatan rumahtangga orangtua juga akan memberikan pengaruh yang cukup kuat.
  5. Pertimbangkan juga apakah anda punya cukup uang untuk membentuk suatu perkawinan, atau paling tidak untuk memulainya. Hal ini adalah yang paling mendasar. Bila semua hal yang di atas sudah terjawab dengan baik dan anda yakin akan langkah tersebut, maka menikahlah. Kesiapan sebelum menikah akan lebih baik daripada anda tergesa-gesa dan menyesal seumur hidup.

Demikian beberapa persiapan mental bagi Anda akan menikah. Menikah hanya sekali seumur hidup, maka persiapkanlah sebaik mungkin. Anda juga dapat membaca ciri pasangan hidup yang baik dan ciri-ciri wanita yang disukai pria

Persiapan Mental Bagi Anda Yang Akan Menikah | Berita Hari Ini | 4.5