Nama-Nama Tari Tradisional dari Jawa Tengah

Posted under Pendidikan.

Advertisement

Tarian Tradisional Jawa TengahNama-Nama Tari Tradisional dari Jawa Tengah – Jawa Tengah dapat dikatakan sebagai pusat budaya Indonesia. Banyak sekali kesenian maupun tari tradisional dari Jawa Tengah. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai nama-nama tari tradisional dari Jawa Tengah, diantaranya adalah:

Tari Serimpi

Tari Serimpi ini merupakan tarian yang ditarikan oleh 4 orang putrid. Dimana masing-masing mendapat sebutan : air, api, angin dan bumi/tanah. Selain itu tari ini juga melambangkan terjadinya manusia dengan melambangkan empat penjuru mata angin. Sedang nama peranannya Batak, Gulu, Dhada dan Buncit. Komposisinya segi empat yang melambangkan tiang Pendopo. Seperti Bedhaya, tari Srimpipun ada yang suci atau sakral yaitu Srimpi Anglir Mendhung.

Tari Bondan Payung

Tarian ini berasal dari Surakarta. Dalam tari bondan paying ini menggambarkan seorang anak wanita yang sedang menggendong boneka mainan dan payung terbuka, menari dengan hati-hati di atas kendi yang diinjak dan tidak boleh pecah. Dengan kata lain tarian ini melambangkan seorang ibu yang menjaga anak-anaknya dengan hati-hati.

Tari Gambyong

Tari Gambyong ini merupakan salah satu jenis tarian pergaulan di masyarakat. Biasanya diawali dengan gendhing Pangkur. Tariannya terlihat indah dan elok apabila si penari mampu menyelaraskan gerak dengan irama kendang.

Dalam memainkan kendang yang mengiringi tari Gambyong sangatlah tidak mudah. Pengendang harus mampu jumbuh dengan keluwesan tarian serta mampu berpadu dengan irama gendhing. Maka tak heran, sering terjadi seorang penari Gambyong tidak bisa dipisahkan dengan pengendang yang selalu mengiringinya.

Tari Angsa

Tari Angsa ini menggambarkan keagungan seorang dewi yang diiringi oleh sekelompok burung angsa. Dalam tarian ini ada perpaduan antara kebudayaan Timur maupun Barat. Biasnya tari Angsa ini dibawakan oleh 7 orang penari wanita (satu orang penari berperan sebagai Dewi, enam orang penari sebagai angsa).

Tari Merak Jawa Tengah

Tari Merak ini salah satu tarian yang popular di Jawa Tengah. Seperti namanya tarian ini merupakan tarian yang melambangkan gerakan-gerakan burung Merak. Pada umumnya penarinya menggunakan selendang yang terikat dipinggang, dimana selendang tersebut dibentangkan menyerupai sayap burung. Selain itu penarinya juga memakai mahkota berbentuk kepala burung Merak.

Demikian nama-nama tari tradisional dari Jawa Tengah, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lain seperti nama-nama tari tradisional dari Jawa Timur dan nama-nama tari tradisional dari Jawa Barat

Comments

One Response to “Nama-Nama Tari Tradisional dari Jawa Tengah”
  1. aroel says:

    kabupaten Kudus Juga memeliki tarian Kretek yang menceritakan proses pembuatan r0k0k kretek