Makanan Yang Dapat Mencegah Selulit

Jenis Makanan Yang Dapat Mencegah SelulitMakanan Yang Dapat Mencegah Selulit – Selulit yang berada di kulit tentunya sangat mengganggu penampilan Anda. Oleh karena itu Anda tentunya harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan munculnya selulit. Ada beberapa makanan yang dapat mencegah selulit.

Bahkan penelitian yang dilakukan American Dietetic Association mengemukakan bahwa terdapat tiga jenis makanan yang bisa membantu mencegah terjadinya selulit. Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang dapat mencegah selulit, diantaranya:

1. Serelia berserat tinggi/whole grain

Sebaiknya hindarilah mengkonsumsi karbohidrat sulingan. Seperti sereal manis, roti putih, bahkan nasi putih merupakan golongan karbohidrat kompleks yang lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga menyebabkan insulin melonjak drastis. Dengan adanya lonjakan tersebut mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk menyimpan lemak alih-alih membakarnya.

Sehingga mengakibatkan semua lemak baru dan lemak yang berlebih membuat sel-sel penuh sehingga mendorong jaringan ikat lebih kuat daripada biasanya dan terlihat menggumpal. Cobalah untuk memilih produk wholegrain seperti beras merah, oatmeal, dan tepung jagung yang tidak akan membuat gula darah turun-naik dengan cepat. Untuk permulaan, ganti setengah dari enam porsi karbohidrat per hari dengan produk wholegrain.

2. Pilihlah sayuran berwarna

Lona Sandon RD, seorang peneliti American Dietic Association mengatakan bahwa sayuran berwarna kaya vitamin C yang penting untuk mencegah kerusakan kolagen. Adapun kolagen merupakan struktur penopang kulit berupa untaian jaringan yang menembus lemak pada kulit lapisan otot yang mendasarinya.

Jika untaian ini melemah, kulit kehilangan elastisitasnya dan lemak dapat menonjol pada kulit, membuat lapisan bergelombang di bawahnya terlihat lebih jelas atau yang lebih dikenal dengan fenomena kulit jeruk. Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat merusak kolagen. Dibawah ini ada beberapa sayuran yang bermanfaat diantaranya:

  • Peterseli.
    Peterseli memiliki sifat diuretik, depurative, detoksifikasi dan mengendalikan nafsu makan. Peterseli memiliki selulit anti selulit karena dapat mengurangi cadangan lemak
  • Lada.
    Lada memiliki sifat diuretik, toning (mengencangkan) dan anti-infeksi. Lada juga membatasi retensi lemak, nafsu makan dan menghilangkan beberapa zat gula dan lemak sebelum asimilasi di dalam tubuh.
  • Kubis.
    Kubis adalah sayuran yang rendah kalori. Disamping berguna untuk menghilangkan garis-garis selulit, kubis adalah antioksidan yang sangat baik
  • Bawang.
    Bawang adalah pemicu regenerasi yang kuat. Sayur ini dapat menurunkan kadar gula darah dan mengaktifkan pembakaran lemak. Bawang dapat memerangi selulit. Bawang juga menghilangkan racun dan memungkinkan untuk membersihkan tubuh.
  • Seledri.
    Sayuran ini memiliki sifat diuretik, pencahar dan memperlancar pencernaan. Anda mungkin tidak menyukai seledri karena rasanya yang pahit? Namun seledri sangat baik, karena seledri berguna untuk mengaktifkan metabolisme lemak sehingga dapat menghilangkan selulit.

3. Air putih

Selain itu air putih juga baik untuk kesehatan. Alasannya, kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih kenyal dan sehat. Di area-area yang rentan terhadap selulit, seperti paha dan pantat, kulit yang kenyal mampu menutupi sel-sel lemak di bawahnya dengan lebih baik.

Pastikan Anda mengonsumsi 8 s/d 12 gelas air putih per hari. Selain itu  mengkonsumsi buah yang kaya air seperti apel, anggur, dan mentimun juga membantu asupan air dalam tubuh Anda.

Demikian

Makanan Yang Dapat Mencegah Selulit | Berita Hari Ini | 4.5