Kanker Paru-Paru

Posted under Gaya Hidup.

Advertisement

kanker paru-paruKanker paru-Paru –  Baru saja kita kehilangan seorang menteri kesehatan yang diduga disebabkan karena terjangkit penyakit paru-paru. Siapa yang sangka seorang pakar kesehatan dapat terkena penyakit yang berbahaya satu ini. Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang perkembangannya dimulai di organ paru. Berlawanan dengan kepercayaan populer selama ini, kanker paru tidak hanya rentan diderita oleh perokok, tetapi juga mereka yang bukan perokok.

Kanker paru-paru merupakan penyebab utama terjadinya kematian bagi si penderita. Kanker ini memiliki kontribusi sekitar 32% akan menyebabkan kematian pada pria dan sekitar 25% pada wanita penderita kanker. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa sekitar 1,4 juta kematian disebabkan karena kanker paru disetiap tahunnya. Selain itu 90% penderita kanker paru adalah perokok aktif atau mantan perokok dengan demikian apabila anda merokok satu pak per hari maka akan meningkatkan resiko kanker paru 10X lipat,sedangkan bagi anda yang merokok dua pak per hari meningkatkan resiko kanker 25X lipat.

Asap rokok merupakan penyebab utama kanker paru (tipe karsinoma) karena mengandung lebih dari 4,000 zat kimia, dimana 50 jenisnya bersifat karsinogen dan beracun. Statistik membuktikan bahwa sekitar 90% penderita kanker paru adalah perokok aktif atau mantan perokok .

Dua pertiga dari non-perokok terkena kanker paru-paru menyerang wanita, dan 20 persen kankerparu pada wanita terjadi pada individu yang tidak pernah merokok. Untuk kawasan Asia persentase tersebut relaif lebih tinggi. Ada beberapa faktor pemicu bagi perokok pasif yang dapat menjadi penyebab kanker paru-paru adalah :

  • Asap rokok – asap rokok merupakan penyumbang terbesar atas kematia sekitar 3.000 pasien kanker paru-paru di Amerika untuk setiap tahunnya.
  • Minyak aerosol – Asap dari masakan dapat dikategorikan sebagai penyebab kanker paru-paru yang terjadi pada wanita di Asia.
  • Radon – adalah unsur kimia dan dalam ilmu kimia diberi lambang Rn. Paparan Gas ini dihasilkan oleh rumah kita sendiri.
  • Paparan asbes –  Paparan asbes di tempat kerja merupakan faktor pemicu penting terjadinyamesothelioma, kanker pada lapisan paru-paru.
  • Predisposisi genetik – Individu dengan riwayat keluarga kanker paru-paru lebih cenderung untuk mengembangkan kanker paru-paru dengan sendirinya
  • Human papillomavirus (HPV) – HPV ditemukan pada sel kanker paru-paru, tapi apakah virus ini memicu kanker paru masih belum diketahui.
Terdapat dua jenis kanker paru, diantaranya adalah:
1. Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC), terdapat 3 jenis :
  • Karsinoma squamosa: jenis ini adalah jenis kanker paru paling umum. Hal ini berkembang dalam sel yang menggarisi saluran udara. Jenis kanker ini seringkali disebabkan karena rokok.
  • Adenokarsinoma: jenis ini berkembang dari sel-sel yang memproduksi lendir (dahak) pada permukaan saluran udara (airways). Jenis kanker ini lebih umum.
  • Karsinoma sel besar: Sering disebut juga undifferentiated carcinoma. Bentuk sel kanker nya bundar besar

2. Small Cell Lung Cancer (SCLC).

Biasanya 80% lebih kanker paru merupakan jenis NSCLC.  Untuk menghindari terjangkit penyakit ini ada beberapa cara mencegahnya, namun apabila anda sudah terjangkit banyak cara yang dilakukan untuk mengobati kanker paru-paru.

Comments are closed.