Cara Mengobati Kanker Paru-Paru

cara mengobati kanker paru-paruCara Mengobati Kanker Paru-Paru – Apabila anda sudah terjangkit dengan penyakit kanker paru-paru, maka ada beberapa cara  untuk mengobati kanker paru-paru. Pada umumnya pengobatan ini akan mempertimbangkan banyak factor. Diantaranya adalah kondisi kesehatan pasien, riwayat pasien, serta  stadium kanker yang dialami oleh pasien. Berikut adalah beberapa cara mengobati kanker paru-paru:

Pembedahan untuk Kanker Paru

Merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan mengangkat jaringan tumor dan kelenjar getah bening di sekitarnya. Pembedahan ini dilakukan untuk kanker yang belum menyebar hingga ke jaringan lain di luar paru-paru. Umunnya pembedahan ini dilakukan untuk pasien NSCL dan dibatasi untuk satu bagian paru-paru hingga stadium IIIA. Ada 3 jenis pembedahan yang dapat dilakukan untuk mengobati NSCLC, antara lain:

  • Pneumonectomy: seluruh paru-paru (kiri atau kanan) diangkat pada operasi ini
  • Lobektomi: lobus paru-paru diangkat dalam operasi ini
  • Segmentectomy atau reseksi baji: bagian dari suatu lobus diangkat dalam operasi ini

Tingkat kegagalan dari pembedahan ini sekitar 4,4%, hal ini tergantung pada fungsi paru-paru pasien dan risiko lainnya. Untuk kasus kanker paru-paru stadium lanjut maka disekitar rongga dada pasien akan berkumpul banyak cairan sehingga menyebabkan harus dilakukan pembuatan lubang kecil di sekitar dada untuk mengeluarkan cairan tersebut.

Radioterapi untuk Kanker Paru

Proses radiasi ini dijadikan pengobatan utama bagi penderita kanker paru-paru. Untuk pasien yang tidak cukup sehat untuk menjalani operasi, maka radioterapi ini sebagai alternatif pengobatannya. Radioterapi ini juga dapat digunakan untuk mengecilkan kanker yang bersarang di paru-paru, namun untuk kasus kanker stadium lanjut, radiasi dapat berguna untuk meredam rasa nyeri, perdarahan, dan kesulitan pada saat menelan

Efek samping yang ditimbulkan setelah radiasi adalah timbul masalah pada kulit, mual, muntah, dan kelelahan. Selain itu radiasi yang dilakukan disekitar dada akan menyebabkan kerusakan paru-paru dan kesulitan bernapas atau menelan.

Kemoterapi untuk Kanker Paru

Untuk penderita SCLC maka pengobatan yang dilakukan adalah menggunakan kemoterapi dan radiasi karena untuk dilakukan pembedahan biasanya tidak berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup dari pasien. Kemoterapi primer biasanya diberikan untuk kasus NSCLC yang sudah bermetastasis atau menyebar. Untuk penderita NSCLC biasanya diobati dengan cisplatin atau carboplatin yang dikombinasikan dengan gemcitabine, paclitaxel, docetaxel, etoposide, atau vinorelbine. Sedangkan pada penderita SCLC, sering digunakan obat cisplatin dan etoposide. Ataupun dikombinasikan dengan carboplatin, gemcitabine, paclitaxel, vinorelbine, topotecan, dan irinotecan juga digunakan.

Target Terapi

Jenis pengobatan ini dilakukan untuk kanker paru-paru pada stadium 3 dan 4 yang tidak berespons pengobatan lain. Ada dua macam targeted therapy yang paling umum digunakan, yaitu.

  • Erlotinib (Tarceva®) – dimana sel-sel kanker ditutupi oleh protein yang disebut EGFR (Epidermal Growth Factor Receptor). Protein ini berfungsi untuk membantu sel-sel kanker untuk membelah. Tarceva bekerja lebih baik pada pasien bukan perokok atau wanita usia lebih muda (sebelum menopause). Bentuk tarceva ini seperti pil sehingga sangat mudah untuk dikonsumsi sehari-hari.
  • Bevacizumab (Avastin®) – Berupa antibody yang digunakan untuk melawan protein untuk membantu sel tumor membentuk pembuluh darah baru. Obat ini mampu memperpanjang kelangsungan hidup pasien NSCLC stadium lanjut, dan biasanya diberikan sebagai kombinasi dengan kemoterapi kombinasi carboplatin & paclitaxel. Bevacizumab biasa diberikan melalui intravena infus dan umumnya memiliki efek samping berupa perdarahan pada paru-paru.
Cara Mengobati Kanker Paru-Paru | Berita Hari Ini | 4.5