Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi – Banyak cara yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Namun hal tersebut sangat berbanding terbaik dengan gaya hidup, pola makan dan aktifitas yang dilakukan anda sehari-hari. Apabila anda tidak mengaturnya maka akan timbul beragam penyakit, salah satunya adalah darah tinggi. Berikut adalah cara mengatasi tekanan darah tinggi, diantaranya yaitu:

  1.  Stop merokok – Perokok merupakan golongan orang yang paling tinggi terkena resiko hipertensi. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan tembakau dan nikotin didalam rokok, sehingga akan menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara. Walaupun merokok bukan penyebab tunggak terjadinya darah tinggi, ada baiknya anda mulai mengurangi mengkonsumsi roko setiap harinya. Karena dengan berhenti merokok, maka anda akan menurunkan sedikit tekanan darah Anda.
  2. Mengurangi asupan garam – orang yang memiliki histori penyakit tekanan darah tinggi maka  asupan garam relatif tinggi. Secara substansial untuk mengurangi tekanan darah anda, maka anda dapat mengurangi asupan garam setiap harinya. Untuk orang dengan tekanan darah tinggi maka harus melakukan diet dengan membatasi asupan garam kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) sehari.
  3. Mengurangi mengkonsumsi alkohol secara signifikan –  Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol lebih dari dua gelas sehari dapat meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita. Apabila anda terpaksa mengkonsumsi alkohol sebaiknya  satu gelas sehari untuk wanita, dan dua gelas sehari untuk pria. Apabila anda menyayangi diri anda sebaiknya mulai menghindari untuk mengkonsumsi alkohol.
  4. Menghindari untuk mengkonsumsi kafein – Pada dasarnya kafein memng memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, namun tidak untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Dalam jangka waktu yang pendek kafein dapat menimbulkan lonjakan tekanan darah, bahkan hal tersebut dapat dialami oleh orang yang tidak memiliki histori penyakit darah tinggi. Ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah anda sensitif terhadap kafein, contohnya adalah periksa tekanan darah sebelum dan setengah jam setelah mengkonsumsi minuman berkafein. Apabila ternyata hasilnya menunjukkan bahwa meningkat sebesar 5 atau 10 poin, maka dapat dipastikan bahwa Anda sangat sensitif terhadap kafein.
  5. Olahraga dan diet – Olahraga dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, sebaiknya lakukan selama 30 menit dalam sehari. Selain berolahraga anda dapat melakukan beberapa program diet sehat untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, dengan menurunkan berat badan sedikit saja maka akan berpengaruh besar terhadap tekanan darah anda. Karena dengan kelebihan berat badan maka akan membuat jantung bekerja lebih keras. Dengan tekanan ekstra ini maka lambat laun akan menyebabkan hipertensi. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan anda menurunkan berat badan anda maka kerja jantung akan jauh lebih ringan lagi.
Semoga beberapa cara mengatasi tekanan darah tinggi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba….
Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi | Berita Hari Ini | 4.5