Cara Mengatasi Sakit Maag di Saat Puasa Ramadhan

mengatasi sakit maag di saat puasa ramadhanCara Mengatasi Sakit Maag di Saat Puasa Ramadhan – Bagi penderita maag, dibulan Ramadhan ini tentunya sangat menyiksa. Namun ketahuilah cara mengatasi sakit maag di saat puasa Ramadhan dibawah ini:

Pada umumnya penyakit maag ini disebabkan karena lambung memproduksi terlalu banyak asam, maka akan menyebabkan iritasi pada lambung karena anda tidak memberi asupan makanan kepada lambung anda. Pada kondisi normal, asam dalam lambung kita dipergunakan untuk melumat makanan atau lebih tepatnya mengolah makanan tersebut dalam pencernaan. Nah dibawah ini ada beberapa cara mengatasi  sakit maag di saat puasa Ramadhan:

1. Segeralah berbuka, jika waktunya telah tiba. Dan pada saat berbuka mulailah dengan makanan yang manis secukupnya, ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.

2. Cobalah untuk memperbaiki pola makan. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari adalah :

  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.
  • Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat   menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.
  • Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
  • Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.
  • Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

3.  Setelah Anda makan nasi jangan lupa minum air putih 1,5- 2 gelas. Hal ini bertujuan untuk menetralkan dan mengeluarkan asam lambung yang berlebihan pada saat buang air kecil.

4. Pada saat berbuka jangan langsung menyantap makanan ‘besar’ (nasi dan lauk pauknya). Sebaiknya, makan besar dilakukan kira-kira satu jam setelah berbuka,agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.

5. Memperbanyak mengkonsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat.

6. Jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari mual.

7. Jangan banyak pikiran yang berakibat stress.

8. Bila maag sudah sangat berat, bisa diantipasi dengan minum obat maag saat sahur dan berbuka.

Nah, demikian cara mengatasi sakit maag di saat puasa Ramadhan, semoga Anda dapat menjalankan ibadah puasa tanpa satu halanagan apapun. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lain seperti gejala demam berdarah dan khasiat dan manfaat madu asli

Cara Mengatasi Sakit Maag di Saat Puasa Ramadhan | Berita Hari Ini | 4.5