Cara-Cara Berdoa dalam Beragam Agama

Cara Berdoa Cara-Cara Berdoa dalam Beragam Agama – Pada dasarnya orang yang berdoa merupakan cara seseorang sedang berbicara dalam hati kepada yang dipercayanya. Memang pada umumnya manusia berdoa disebabkan karena adanya naluri alamiah ataupun diajarkan oleh ajaran agama yang dianutnya. Ada banyak cara-cara berdoa dalam beragam agama, dan biasanya mereka percaya bahwa doa mereka selalu didengar dan dijawab oleh –Nya. Hal ini disesuaikan dengan ajaran yang telah diterimanya masing-masing.

Selama ini doa bersama selalu dimaknai sebagai sebuah kegiatan yang dalam pandangan teologis tidak benar. Sebab doa itu dilakukan antar agama yang memang memiliki ritual doa yang berbeda-beda. Akan tetapi menyimak terhadap pelaksanaan doa kemarin, maka saya berasumsi bahwa doa yang dilakukan itu merupakan symbol kebersamaan dalam relasi antar umat beragama. Makanya, doa pun dilakukan dengan cara-cara yang relatif relevan dengan sistem kebersamaan dimaksud.

Cara-cara berdoa dalam beragam agama banyak jenisnya. Ada cara Islam dengan berbagai alirannya, ada cara Kristen dengan berbagai alirannya, ada cara Yahudi, ada cara kepercayaan, cara Hindu, dan seterusnya, belum lagi cara-cara setiap etnik/suku bangsa yang bercampur dengan budaya semakin memilyarkan cara manusia berdoa.

Cara berdoa umat hindu di Bali menggunakan sesajian ataupun bersemedi untuk berdoa dengan Sang Hyang Widi. Cara memohonnya pun berbeda, mereka pada umumnya mencari keheningan dengan bertapa ataupun menggunakan sesajian.

Untuk yang beragama Budha, mereka biasanya berdoa dengan bantuan para pendeta di dalam kuil-kuil. Mereka juga dapat berdoa dihadapan patung Budha sebagai simbolik keberadaan sang Budha.

Sedangkan umat Islam, cara berdoanya pun berbeda yaitu dengan melakukan shalat. Karena shalat adalah sekumpulan doa yang dipercaya umat muslim bermuara pada kebaikan , ampuhan, limpahan rezeki, dll. Selain itu Islam juga mengatur bagaimana cara memanjatkan doa dan bersyukur kepada Sang Khalik.

Lain halnya dengan umat kristiani, mereka berdoa ada khususnya. Dimana dapat dilakukan di rumah ataupun di gereja sebagai tempat ibadahnya. Umat kristiani dalam berdoa biasanya menggerakkan tangannya membentuk lambing salib sebagai pengakuan keberadaan Tuhannya, Roh Kudus dan Yesus.

Pada dasarnya berdoa memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia tergantung apa yang diyakininya. Dengan memanjatkan doa dalam keterbatasan manusia sebagai mahluk Tuhan maka dapat membuat rasa nyaman dan menggantungkan harapannya kepada Yang Maha Tinggi. Demikian cara-cara berdoa dalam beragam agama, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. anda juga dapat membaca artikel kami yang lain seperti pizap photo editor cara edit foto online dan pizap photo editor cara edit foto online

Cara-Cara Berdoa dalam Beragam Agama | Berita Hari Ini | 4.5